Black Hole! Tunggu, masih ada Grey Hole, Worm Hole, White Hole...

>> Minggu, 04 April 2010

walaupun lebih cocok dibahas anak olimpiade astronomi, ga ada salahnya dong anak olimpiade kebumian sedikit mengintip bahasan astrofisika tingkat tinggi ini :)

Black Hole. Sesuai namanya, Black Hole adalah lubang hitam.

nggak penting banget sih...

Seperti yang sering digembar-gemborkan di Star Wars dan Star Trek, Black Hole merupakan suatu benda langit yang memiliki gravitasi sangat, sangat tinggi. Tentu kamu ingat, suatu benda butuh kecepatan lepas tertentu (escape velocity) untuk lepas dari "cengkraman" gravitasi suatu benda yang lebih massif. Black Hole ini, begitu massif nya (D'Masiv gitulah *garing*) sampai sampai cahaya si benda tercepat di alam semesta tidak mampu lepas! Itu jugalah penjelasan mengapa Black Hole berwarna hitam.

Bagus juga buat tempat sampah, limbah nuklir misalnya :D


Dalam black hole, massa dan waktu mengalami "deformasi". Wah, begitu mendengar kata ini, kita anak kebumian langsung terbayang deformasi batuan semacam patahan, kekar, lipatan, dsb. Bayangkan ini bukan batuan loh yang ter"lipat" dan "patah" tapi space and time ! Tidak heran, dalam Black Hole, segala hukum fisika tidak lagi berlaku.
Photobucket
Itu saja?
Tunggu dulu!

"lubang-lubang" di alam semesta tidak hanya itu saja! Check this out!

Worm Hole
Tentu saja bukan lubang cacing di tanah... karena yang kita bicarakan adalah warp zone alam semesta!
Kita bisa bayangkan bentuk worm hole mirip... lubang cacing, karena itulah asal muasal namanya...
capek deh...
seperti yang bisa dilihat di gambar di bawah, worm hole mirip jalan pintas ruang waktu yang menghubungkan ruang-waktu satu dengan yang lain.

Semacam alat transportasi yang praktis, ya kan?

sayangnya, hingga hari ini belum ada bukti fisik adanya worm hole. Lalu, darimana kita tahu? Siapa lagi kalau bukan Mr. "genius" Albert Einstein yang sanggup meramalkan keberadaannya melalui teori relatvitasnya.
Photobucket

Grey Hole
berbeda dengan hole-hole lain, Grey Hole merupakan objek diaman materi dan radiasi masih bisa "kabur", keluar dalam jarak tertentu dari batas antara lubang dan dunia luar, lalu jatuh kembali lagi. Grey Hole juga dikenal dengan istilah Q-Star, namun bukan Quasar loh, karena Q disini merujuk kepada suatu jenis partikel yang berada di Grey Hole.
Photobucket

White Hole
Bisa dibilang, inilah lawan sepadan untuk Black Hole. Kalau di Black Hole, materi dan radiasi bisa masuk tapi haram keluar, justru di White Hole materi dan radiasi bisa keluar, tapi tidak bisa masuk. Bisa kita bayangkan, white hole ini pastinya terang sekali !

Penelitian baru menunjukkan bahwa white hole ini terbentuk dengan cara: ketika Black Hole terbentuk, sebuah big bang terjadi di intinya, membentuk alam semesta baru. Nah, saat alam semesta baru ini mengembang ke alam semesta asal, kita bisa melihatnya sebagai white hole, yang melepaskan materi dan energi ke luar tanpa membolehkan apapun masuk, ya kan?

wah, alam semesta memang penuh rahasia, ya!

sumber: white hole, grey hole, black hole, worm hole

Photobucket

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP