`

Kecepatan Lepas dan Periode Asteroid (Soal OSP 2009)

>> Senin, 31 Mei 2010

Askum kak.. boleh Tanya soal essai OSP 2009 no. 5 ini ga kak?
(Fans kakak :p) via SMS


Soal no.5 OSP 2009 memang bikin pusing banyak anak kebumian, bahkan anak astronomi sekalipun banyak yang angkat tangan (yang masih berjuang di level OSK-OSP tentunya.. kalau anak astro yang udah dapet medali paling bisa ngerjain sekedipan mata ! ). Inilah bunyinya:

Sebuah asteroid ketika berada di perihelium menerima fluks dari matahari sebesar F0 ketika di aphelium ia menerima sebesar 0,5 F0. Orbit asteroid mempunyai setengah sumbu pendek b=1,3 SA.
a) Berapakah perode asteroid ini?
b) Ketika di aphelium berapakah kecepatan lepas asteroid ini?

Untuk mengerjakan soal ini, kita perlu meminta bantuan Pak Copernicus dan Pak Newton untuk rumus-rumus ellips dan gravitasi.

Rumus-rumus ellips yang berguna antara lain:

R aphelium = a(1-e)
R perihelium = a(1+e)

e= [1-b^2/a^2)]^(-2)

rumus kecepatan lepas:
Photobucket
Dengan:
e = eksentrisitas elips
b = setengah sumbu pendek
c = setengah sumbu panjang
d = jarak

dan hukum Keppler III
Photobucket


sedangkan rumus fluks matahari
Photobucket

Dengan kata lain, fluks yang diterima berbanding terbalik dengan kuadrat jarak.
Tidak usah berpanjang-panjang lagi deh, inilah cara mengerjakan poin a)
Photobucket
Photobucket
Photobucket
setelah tahu berapa eksentrisitasnya...
Photobucket

menggunakan hukum Keppler III, kita dapatkan bahwa P=1,53 tahun

untuk escape velocity...
Photobucket
Voila! Itulah jawabannya, saudara-saudara!

5 komentar:

Irsyad 3 Juni 2010 17.25  

itu apaan sih, kak??

-___-"

Saushine 4 Juni 2010 14.07  

maaaaaaaaaaf kemaren gambarnya rusak ,ini uda diperbaiki, enjoy :)

P.S: kata anak astro yang uda sampai pelatnas, ini cara uda paling ringkas loh hahaha T.T

Anonim,  19 Juli 2010 22.34  

wah..kalo kayak gini persaingan semakin ketat nih.. soal kebumian hampir mirip2 dr sebelum2nya :(( anak2 geoscience sekarang hebat2!

Saushine 20 Juli 2010 12.37  

iya dong :p makin seru kaan

Anonim,  21 Juli 2010 19.33  

ahahaha iyaa.. jadi deg degan ni.. doakan saya yaa!! :D

-anna_geosciencejogja-

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP