Mengukur Suhu Inti Matahari (dan Fakta-fakta Matahari Lainnya)

>> Selasa, 04 Mei 2010

Posting ini direquest oleh Irsyad. Aku juga mau request!
Geosciensters kayak kita-kita mah dari dulu udah tahu kalau suhu inti matahari 15 juta K. Tapi terpikir ga, gimana caranya manusia mengukurnya?

Photobucket

Yang jelas ga pake thermometer lah…

Ssst… walaupun jelas-jelas ga mungkin mendatangi inti matahari sambil menenteng termometer,tapi kalau kita menerapkan beberapa hukum fisika, suhu inti matahari bisa loh diperkirakan!



 step 1
Pertama-tama nih, geosciensters, harus dipahami bahwa matahari itu bola gas. Kalau misalnya matahari ga punya gravitasi, gas-gas penyusunnya bakal menyebar ke ruang angkasa dong.. secara ga ada yang mengikat mereka jadi satu. Tapi kalau matahari hanya punya gaya gravitasi, volumenya bakal jadi lebih kecil dari sekarang. Terus kok bisa matahari kita volumenya lebih gede? Itu karena matahari menyebarkan energi ke luar juga. Jadi, ada dua gaya yang saling berlawanan:
1) gravitasi matahari, yang menarik partikel-partikel gas ke dalam
2) Penyebaran energy matahari, yang mendorong partikel-partikel gas ke luar

 step 2Kemudian, kita harus mencari massa matahari. Ini bisa dicari dengan hukum gravitasi dan hukum sentripetal antara matahari dan planet-planet yang mengorbitnya.

 step3Ketika kita tahu massa matahari, kita juga bisa langsung tahu besar gravitasi matahari dan dari situ kita bisa mendapatkan perhitungan berapa besar ukuran matahari. MASALAHNYA, matahari kan menyebarkan energi?! Nanti pasti ada selisih antara hasil perhitungan kita memakai hukum-hukum fisika tadi dengan hasil pengamatan langsung (i.e. melihat matahari pakai teleskop berfilter dan mengukur diameternya untuk menghitung volumenya).

 step 4Selisih yang ada akan memberitahu kita seberapa banyak energy yang dipancarkan matahari secara total. Nah, pancaran energi akan berhubungan dengan temperaturnya. Dan dibutuhkan suhu inti tertentu sehingga bisa memancarkan energi sebesar yang dihitung tadi.

Begituuulah caranya!!

Sumber: Department of Energy, USA

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP