`

Gerak Melingkar si Titan (Soal OSP 2010 Esai no.4)

>> Senin, 07 Juni 2010

ecko says
kak,soal essay osp 2010 yang no 4 itu gmn penjelasnnya


Anonim mengatakan...

yg essay na kak . .
susaaah buanget :(
yg pilgan na yg ttg angin angin .
gg ngerti samasekali kak :'(

______________________________________________________


4. Titan adalah satelit Saturnus yang mengorbit dengan lintasan berupa lingkaran dengan kecepatan orbit 5595,25 m/s dan periode orbitnya adalah 15,9 hari. Hitunglah:

a) radius orbitnya 
b) massa planet Saturnus
Ingat: gunakan rumus kecepatan dan percepatan gerak melingkar serta rumus percepatan akibat gaya gravitasi dan massa benda. Konstanta gravitasi, G-6,67 x 10-11 N m2 kg-2 (N = Newton)

(Gak punya soal OSP 2010? Download aja di soal-soal kebumian)


Mumpung kebumianzone lagi demen-demennya ngebahas soal-soal esai astro nih … yuk sekalian kita bahas soal yang masih hangat-hangat minyak telon: OSP 2010 esai no.4!


Sesuai perintah, kita kerjakan soal ini memakai rumus percepatan gerak melingkar:
Photobucket
Dengan:
as = percepatan sentripetal
v = kecepatan tangensial
r = radius

bersama dengan rumus percepatan gravitasi:
Photobucket
Dengan:
g = percepatan gravitasi
G = konstanta gravitasi
M = Massa benda (yang besar)
r = radius

dan rumus kecepatan gerak melingkar
Photobucket

a) untuk mengetahui radius orbit, cukup gunakan rumus kecepatan gerak melingkar.
Photobucket
Wow… jauh banget ya! Bandingkan dengan jarak Bumi-Bulan yang “cuma” 0,384 juta km.

b) ketika Titan melakukan gerak melingkar alias mengorbit Saturnus, percepatan sentripetal Titan harus minimal sama dengan tarikan percepatan gravitasi Saturnus (kalau nggak, Titan bakal ditelan Saturnus!). Karena itu:
Photobucket

Ga percaya? Coba aja googling berapa jarak orbit Titan dan massa Saturnus, hasilnya sama ! :D

Silakan tanyakan apa yang belum kamu pahami di field komentar di bawah ini, terimakasih J

10 komentar:

Anonim,  7 Juni 2010 22.45  

saya mau tanya. jika dalam pencarian jari-jari menggunakan cara yang demikian bagaimana?

v=s / t
s=v x t
karena orbitnya berbentuk lingkaran, maka s akan menjadi keliling lingkaran tersebut. sehingga,

s=k
s=(phi) x diameter
diameter= s x (7/22)

setelah ketemu diameter,

d=2R
R= 0.5 x d

bagaimana???

Ash Assists 8 Juni 2010 12.02  

Aku pake cara yang sama kaya di atas, n hasilnya alhamdulillah sama pula,, tapi apa mksudnya notifikasi ini kak??

Ingat: gunakan rumus kecepatan dan percepatan gerak melingkar serta rumus percepatan akibat gaya gravitasi dan massa benda. Konstanta gravitasi, G-6,67 x 10-11 N m2 kg-2 (N = Newton)

Pake ada katakata percepatan gerak melingkar pulaa,, aku jadi ragu soalnya mikir mungkin pake omegaomega.an yang di fisika itu...

Saushine 8 Juni 2010 12.07  

rumus v=2xphixr/T memang asalnya dari v=s.t dengan s keliling lingkaran.

v=s/t
v=2xphixr/t
r=v.t/(2xphi)

caramu pada prinsipnya sama kok sama cara di atas, cuma agak panjang.

v=s.t
s=v.t
s=phixd
d=s/phi

2R=d
2R=s/phi
R=s/(2xphi)
R=v.t/(2xphi)

Tuh kan, sama penurunannya :D

Saushine 9 Juni 2010 16.25  

Ash Assist:

hahaha.. itu niatnya ngebantuin kayaknya, biar anak2 ga pusing2 cari rumus yang tepat.. rumusnya biasa aja kok, ya yang ada di pembahasan tasdi :)

hey, thank you very much for following this site! :D

Irsyad OSP Padang 10 Juni 2010 19.05  

HWWAAA!!!!!!!! spertinya syad harus melepas impian ke OSN!! ;-(

Saushine 13 Juni 2010 17.11  

masih banyak faktor x... tenang ajaa

Anonim,  13 Juni 2010 21.53  

faktor x gmn kak?
bukannya anak yang lolos ke nasional kan emang bener bener pinter, bukan karena ke beruntungan doang kan ka? :-P

Saushine 14 Juni 2010 16.10  

kita lihat saja :D

Anonim,  8 Februari 2012 11.36  

kalo jawaban soal no 3 gmn ya???
thanks...

eh iya...td r kan = 1,222 juta km
koq pas dimasukkan ke rumus mencari m koq r jd 1,223 x 10^9
kalo juta kan seharusnya 1,223 x 10^6????

Saushine 11 Februari 2012 22.00  

itu satuannya diubah jadi m jadi ditambah 1000 :)

Poskan Komentar

Loading...

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP