5 Penyakit Pembuat Gagal di OSN Kebumian (Part 2 of 3)

>> Minggu, 25 Juli 2010

OSN Medan 2010 tinggal menghitung hari. Kali ini, KebumianZone akan menyinggung sesuatu yang jauh lebih penting dari belajar mati-matian, membaca ratusan buku, mencatat tiap kata yang mentormu katakan, atau menge-print tiap lembar artikel/pdf yang KebumianZone posting, demi keinginan memenangkan seonggok medali OSN.

Ini soal mental.

Sebelumnya, KebumianZone mau minta maaf karena posting nya agak telat... soalnya yang punya situs lagi asik kencan sama soulmate barunya... hehehe :p


4. Tidak Menjawab Soal; Terburu-buru

Bagaimana caranya supaya menang di OSN Kebumian?
Jawabannya hanya 1 : menjawab soal dengan benar.

Sepele banget... tapi karena terlalu sepele inilah, jadi banyak yang lupa.
Ingat, dalam kompetisi ‘jawab soal’ macam OSN ini, belum tentu perunggu nomer 2 lebih jago kebumian dari perunggu nomer 3. Kok bisa? Karena perunggu nomer 3 sebenarnya pintar tapi dia tidak menjawab soal.

a)    Hati-hati dengan kata ‘tidak’, ‘bukan’, ‘kecuali’.  Berbeda dengan soal di LKS yang biasa kamu kerjain di sekolah, soal-soal kebumian tidak menebali, menggarisbawahi, atau memiringkan kata-kata negatif tersebut. Jadi, kamu harus hati-hati.

Solusi: waktu tes, siapkan stab*lo alias highlighter. Setiap bertemu 3 kata pamungkas tadi, langsung bubuhkan stab*lo mu. Dijamin, ‘kesalahan bodoh’ macam begini bisa dibabat.

b)   Analisis soal dengan hati-hati. Apa sih yang sebenarnya ditanyakan?

19. Beberapa fosil dapat dikelompokkan menjadi satu spesies jika
a. Dapat kawin
b. Dapat kawin dan menghasilkan keturunan
c. Dapat kawin, menghasilkan keturunan yang fertile
d. Mempunyai kesamaan morfologi
e. Mempunyai kesamaan cara hidup

Memang dalam biologi, dua organisme dikatakan berada dalam satu spesies jika mereka bisa kawin dan menghasilkan keturunan yang fertil.
Tapi, apa itu yang ditanyakan?
Yang ditanyakan adalah tentang fosil. Sekarang kamu punya tulang-belulang fosil dinosaurus A dan dinosaurus B. Dino A dan dino B satu spesies gak ya... gimana caranya (kira-kira) ilmuwan cari tahu? Mengawinkan? Jelas gak mungkin, lah! Kan udah jadi fosil. Jadi jawaban yang tepat adalah dengan membandingkan morfologinya.
(Credit to Bintang Rahmat Wananda for mentioning this!)

Solusi: Pahami apa yang ditanyakan soal, kemudian baca dan pertimbangkan semua pilihan.

c)   Khusus soal hitungan: benar-benar tulis diketahui dan ditanyakan agar kamu nggak buang-buang waktumu yang berharga.

Energi Matahari yang diterima planet Saturnus persatuan waktu persatuan luas (fluks) adalah 13 W
per m2. Apabila jejari Saturnus 9 kali jejari Bumi maka perbandingan luminositas Bumi terhadap luminositas Saturnus adalah ...

Cara mengerjakan soal ini: cari luminositas Bumi berapa lalu lumonositas Saturnus berapa, lalu perbandingkan. Benar? Memang benar, tapi sama sekali gak praktis (dan belum tentu gak kepeleset waktu masukin angka ke kalkulator). Untuk menjawab soal-soal rasio seperti ini, kamu sebenarnya tidak perlu tahu jawaban masing-masing luminositas berapa. Cukup tulis rumus La/Lb lalu cancel sebanyak mungkin. Begini lebih efektif bin efisien. ‘kan yang ditanyakan perbandingannya, bukan luminositasnya.

Oya, hati-hati juga waktu memasukkan angka ke kalkulator!

Solusi: klik “Bantai Soal Hitungan

d) Terakhir adalah kesalahan yang paling (maaf) stupid tetapi paling fatal. Pernah kejadian sama temen saya waktu SMP, kalau nggak salah nilai sejarahnya jadi cuma 30-an padahal dia bisa ngerjain.. ya gara-gara yang maunya jawaban buat nomer 31 keliru diisiin ke space buat nomer 30. Walhasil dari nomer 30 sampai terakhir salah semua. Weleh-weleh...
Solusi: telitilah posisi jawaban pilihan ganda sebelum mengumpulkan lembar jawaban.

3. Ogah Membaca Buku; Terlalu Mengandalkan Logika
2. Menghafal Isi Buku; Malas Berpikir

1. Melupakan Tuhan; Lupa Berdoa

Ini diamini oleh banyak veteran olimpiade dari berbagai bidang: faktor “x” sangat menentukan.
Keberuntungan. Hal-hal yang kamu pelajari keluar semua. Hal-hal yang nggak sempat dipelajari ternyata nggak keluar. Tebakan nekatmu benar. Tiba-tiba mendapat ilham untuk menjawab soal. Semua ini termasuk domain Tuhan YME.
Jadi mari berdoa sang Pencipta Langit dan Bumi agar kamu dimudahkan saat OSN Kebumian nanti.
Sometimes... kita harus ikhlas. Mungkin nanti kita ditakdirkan dapat perunggu, bukan emas atau perak. Tapi belum tentu emas, perak lebih baik loh daripada perunggu atau bahkan nggak dapat. Dapet medali yang terlalu tinggi dari kemampuan bisa membuat kita merasa aman dan agak sombong... wah, ini berbahaya (lihat (5) Terlalu Pede).  Bisa jadi cuma dikasih perunggu, atau malah gak dapat medali... tetapi bisa survive di seleksi IESO nanti atau malah dapet emas di OSN tahun depannya (!), karena kamu lebih terpacu oleh “perunggu” atau “no medal” mu.

Atau, mungkin Tuhan sudah menyiapkan satu bidang yang lebih prospektif buat kita selain Kebumian... sehingga di Kebumian ini, walaupun sudah usaha dan doa maksimal, gak menang juga. Mungkin Tuhan menyuruh kita untuk belajar dari kekalahan, memperbaiki diri, sehingga bisa meraih kemenangan yang jauh lebih gede dari sekedar dapat medali OSN.

Solusi: berusaha, lalu berdoa, lalu pasrahkan sama Tuhan. Dengan begini hati bisa lebih tenang J


Typed with my new, sau-shiny red Dell Inspiron :3

2 komentar:

Anonim,  26 Juli 2010 12.13  

roby: saya suka yang nomor 1... soalnya
"human propose, God dispose".. yg namanya kan rezeki udah diatur tuhan... dapet medal ya dapet... enggak ya nggak... thanks Kak Sau... Postingan ini saya kasih "two thumbs up!!!"

Bintang Rahmat Wananda,  31 Juli 2010 10.07  

wah mantap deh Kak Sau!

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP