`

Checklist Barang-Barang Keperluan OSN

>> Sabtu, 31 Juli 2010

Tes Tulis

1.      Kalkulator
2.      Busur derajat dan penggaris
3.      Pensil warna
4.      Jangka
5.      Pensil yang enak dipakai + penghapus yang bersih (Bawa >1)
6.      Rautan/Isi pensil
7.      Bolpoin + Tip-X
8.      Jam tangan (opsional, berguna untuk men-timing sehingga kamu nggak lupa waktu, tapi kalau kamu merasa gugup memakai jam saat tes, mending nggak usah)
9.      Stabilo (opsional)

Catatan: Biasanya peserta OSN akan diberi satu tas ransel berisi blocknote, pensil, penggaris, bolpoin, dan pensil. Tapi mungkin kamu akan lebih senang memakai alat-alat tulis yang biasa kamu pakai sehari-hari, jadi bawa saja.


Tes Praktek
1.      Sepatu olahraga dan kaus kaki
2.      Celana panjang
3.      Topi
4.      Sunblock
5.      Tisu/handuk kecil (untuk mengelap keringat)
6.      Mukena kecil (bagi muslimah)
7.      Kacamata hitam (opsional, cukup membantu waktu pengamatan awan, tapi nggak penting-penting amat sih)
8.      Obat-obatan pribadi, seperti obat maag, tetes mata, dsb.
9.      Ransel (opsional)
10.  Shirt panjang warna putih (bagi yang berjilbab) untuk daleman, soalnya kaus OSN berlengan pendek. Pilih yang bahannya nyaman, ya.
11.  Jilbab putih yang menyerap keringat (bagi yang berjilbab), lebih baik warna putih agar lebih adem.
12.  Ikat rambut (bagi yang berambut panjang), bawa cadangan juga
13.  Jam tangan (opsional, berguna untuk men-timing sehingga kamu nggak lupa waktu, tapi kalau kamu merasa gugup memakai jam saat tes, mending nggak usah)
14.  Alat tulis seperti penghapus, pensil (pensil kayu aja) , bolpoin, dsb.

Catatan:
·        saat tes praktek, umumnya panitia akan membagikan alas tulis untuk tiap peserta.
·        Kamu bisa pakai ransel OSN buat tes praktek, tapi kalau aku pribadi lebih suka pake ransel sendiri soalnya ransel OSN tuh gede banget (kan saya imut :3). Oya, waktu praktek HARUS PAKE RANSEL ya, nggak boleh tas selempang atau tas bahu.
·        Biasanya panitia bakal membagikan stok air mineral botol untuk tiap peserta, jadi kamu nggak perlu bawa botol minuman sendiri... kecuali kalau kamu memang minumnya banyak.
·        Harus celana panjang ya! Nggak boleh celana pendek, rok, apalagi hotpants (beh). Lebih baik celanamu berkantong sehingga bisa menyimpan alat-alat tulis. Pakai celana yang nyaman, jangan terlalu ketat dan jangan pula terlalu longgar. Disarankan pakai celana olahraga aja, tapi kalau kamu punya jeans/celana biasa yang nyaman juga gapapa.
·        Malam sebelum tes praktek, tidur yang nyenyak dan makan yang banyak!
·        Bilang ke panitia Kebumian kalau kamu mabuk darat waktu naik bus sehari/dua hari sebelum tes praktek agar dicarikan solusinya. Tes praktek nanti akan melibatkan banyak perjalanan naik bus.

Sehari-hari
Kebanyakan acara jalan-jalan di OSN ber-dress code kaus OSN.
·        Bagi yang berjilbab: bawa >1 jilbab putih (atau warna hitam, atau hijau kebiruan yang cocok dengan kaus Kebumian) dan >1 daleman lengan panjang
·        Saat jalan-jalan, bawahannya terserah; boleh celana atau rok.
·        Alas kaki terserah, tapi ya jangan sandal kamar mandi gratisan dari hotel -_-

Acara-acara resmi seperti jamuan makan malam, pembukaan, dan penutupan ber-dresscode batik provinsi atau seragam sekolah. Pakai sepatu, ya!

Acara bebas ya memakai baju bebas.

Bawa/beli snack (atau minta guru pendampingmu membelikan snack) buat amunisi di kamar!

Waktu malam sebelum tes, nggak usah belajar! Ntar malah panik, loh. (lagipula kamu kan udah belajar hampir sebulan buat persiapan?!?!) Mending nonton TV, jalan-jalan di sekitar hotel, main ke kamar anak-anak Kebumian lain buat menjalin persahabatan, sikat habis makan malam di hotel, hehehe... atau lebih baik beribadah seperti membaca Kitab Suci dsb. agar diberi ketenangan oleh-Nya besok waktu tes.
Tidur yang nyenyak, ya, jangan begadang! Udah, tesnya gak usah dipikirin, enjoy aja! Pokoknya kamu udah usaha max, sisanya tinggal pasrah sama Tuhan.

がんばって ください!J

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP