`

Silau, Meeeen! (Pembahasan IESO 2008)

>> Kamis, 22 Juli 2010

Sau, tolong bahasin soal IESO 2008 no 17, dong.
--Mi Key, via Facebook
________________________________________________________________

 dan soalnya adalah....
     
17. Sean is in Manila and driving his car to the north at noon. He has trouble seeing the car moving in front of him because the sun's rays are reflected from the back window glass and the glare is in his eyes. The back window glass of the car A forms an angle with the ground of 52° 18′as shown in the picture below. The arrow AB is parallel to the ground. (6 pts in total) 

a)  In this situation, what is the altitude of the sun? (2 pts)
b)  The latitude of Manila is 14° 36′ N. What is the declination of the sun on this date? (2 pts)
c) c)  Estimate the dates when this situation occurs. (2 pts)

 (terjemahan:
Sean berada di Manila dan sedang mengendarai mobilnya ke Utara pada tengah hari. Dia kesulitan melihat mobil di depannya karena sinar matahari dipantulkan oleh kaca belakang mobil di depannya tepat ke matanya (silau gitu maksudnya). Kaca belakang mobil itu bersudut 52° 18′ dengan tanah (lihat gambar). Panah AB paralel terhadap tanah.
a) pada situasi ini, berapa ketinggian matahari? (dalam derajat)
b) Manila berada pada lintang 14° 36′ N. Berapa deklinasi matahari pada hari itu?
c) perkirakan tanggal-tanggal saat situasi seperti ini bisa terjadi.




Sebelumnya, KebumianZone merasa senang dan bangga karena seorang wakil Indonesia di IESO tahun ini me-request di web ini! XD yey!

Yah, seperti yang sudah kamu lihat, beginilah “wajah” soal internasional kebumian. Beda banget sama soal dalam negeri di OSK sampai OSN, soal internasional benar-benar menuntut permainan logikamu. Tapi gak usah khawatir, karena sebelum ke IESO kamu bakal digembleng (dan diseleksi) selama kurang lebih 3,5 bulan demi memantapkan amunisi untuk menantang geosciensters dari seluruh dunia!

Mari kita bahas, sesuai request, soal IESO 2008 Written Test, no. 17.

 Berapa ketinggian matahari?
Pada waktu tengah hari, matahari tepat berada di meridian. Meridian adalah (gampangnya) garis tengah langit.
Ketinggian matahari adalah sudut yang dibentuk sinar matahari dengan tanah.

Nah, kaca belakang mobil di depan mobil Sean ‘kan membentuk sudut 52º 18’dengan tanah. Lalu hasil pantulannya tepat ke mata Sean sehingga menyilaukan. Dengan kata lain hasil pantulan sinar matahari sejajar dengan tanah. Karena sinar pantul sejajar dengan tanah, maka sudut antara sinar pantul dan kaca mobil juga 52 º 18’.


Ingat hukum Snellius tentang pemantulan cahaya: sudut datang sama dengan sudut pantul. Dengan demikian:

Sekarang kita bisa menghitung ketinggian matahari seperti ini:

Dan mendapatkan hasil 75,4º atau 75 º 24’.

 Berapakah deklinasi matahari pada tanggal ini?
Pada prinsipnya, deklinasi matahari adalah derajat lintang di bumi di mana matahari mempunyai ketinggian 90º, alias lintang di mana Matahari tepat bersinar dalam posisi tegak lurus. Contohnya, pada tanggal 23 September Matahari tepat di atas khatulistiwa, sehingga pada tanggal ini deklinasi matahari 0º. 

Manila terletak di lintang 14 º 36’. Di Manila, Matahari terlihat berketinggian 75º 24’. Pastinya, pada saat ini juga, ada suatu tempat di Bumi di mana matahari berketinggian 90 º. Di mana tempat itu? Lihat kembali soal: Sean berkendara menuju Utara,sedangkan matahari berada di belakangnya. Berarti, matahari berada di Selatan Manila dengan selisih lintang sebesar:

selisih lintang = 90 º - 75,4º = 14,6 º atau 14 º 36’.

Wah! Lokasinya sejauh 14 º 36’ di Selatan kota Manila yang punya lintang 14 º 36’ LU? Berarti Matahari tepat berada di Ekuator, dong!

Jadi, deklinasi matahari sebesar 0 º. 

Tanggal berapa yang mungkin?
Tentu saja, Matahari berada di atas ekuator pada tanggal 21 Maret (Vernal Equinox) dan 23 September (Autumnal Equinox)!

Yey, kita berhasil menjawab soal IESO! XD ternyata, kalau dipikir pake kepala dingin, sederhana juga ya?! :D

6 komentar:

Anonim,  22 Juli 2010 09.53  

aneh.. IESO gak jelas hahaha
raja

Saushine 22 Juli 2010 10.00  

dasar veteran IMO :p

asri 22 Juli 2010 22.38  

iiiiiiiiii maaci sauuu :)))

Saushine 23 Juli 2010 08.54  

semangaaaaaaaaaat asri!!! :D

mikey,  24 Juli 2010 23.18  

sau, makasii buangeet...
kepalaku ampe anget mikirin jwbnnya..ternyata qta hrus mnjawab dgn kepala dingin...hehe....

Anonim,  10 November 2010 09.48  

wow susahnya yah,dari soalx aja udh kyk gitu aplg jawabanxxx!hebat hebat yg bs lolos smp thp internasional.....prouud

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP