`

Lontong dan Opor Ayam di Welcome Dinner IESO!

>> Selasa, 21 September 2010

-- jangan lewatkan liputan ekslusif KebumianZone pada event IESO 2010 ini!!!!

Minggu malam pukul 7, tampak bus-bus gede pada berjejer-jejer di sekitar gedung University Club (UC) UGM. Welcome Dinner IESO is about to start! Woh, begitu masuk ke dalam, tampaklah hall UC UGM begitu ramai dengan orang-orang asing! Ada yang sipit-sipit, ada yang bule banget, yang keturunan Afrika juga ada, bahkan yang imutpun juga ada, yaitu KebumianZone! :P

Yup, seneng banget nih, pada IESO 2010 di Yogyakarta kali ini, si empunya KebumianZone diundang untuk menghadiri Welcome Dinner dan Farewell Party sebagai alumni IESO! XD

Pada Welcome Dinner IESO ini, para peserta, mentor, dan observer menempati meja-meja bundar yang sudah diberi bendera negara masing-masing. Merinding juga mendengar percakapan multi bahasa bersahut-sahutan di dalam satu hall ini ! bahasa Korea di sebelah kiri, bahasa Cina di depan, bahasa Philipina di samping kanan... wah, IESO bener-bener ajang yang mempersatukan dunia! Tim Indonesia yang diwakili oleh 8 peserta dari berbagai provinsi pun tampak ayu-ayu dan ganteng-ganteng dalam balutan batik merah marun, dan secara aktif beberapa kakak kita mengelilingi meja demi meja untuk berkenalan dengan para peserta sekaligus foto bersama :D

suasana Welcome Dinner di University Club UGM

Semua pembicaraan langsung terhenti begitu Dr. Donatus Hendra Amijaya, ketua Local Organizing Comittee IESO dan juga Mentor Ketua Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia memberi sambutan singkat sebagai pembukaan Welcome Dinner. Dalam sambutannya, Pak Hendra memperkenalkan para IESO-ers angkatan pertama dan kedua dari Indonesia. Salah satu alumni pun turut maju mendampingi Pak Hendra untuk berpidato 2-3 menit tentang IESO dalam 7 hari ke depan bakal kayak apa sih (Hayooo tebaaak siapa alumni yang maju?! XD) Tentu saja, sambutan Pak Hendra dan alumni keduanya memakai bahasa Inggris! Tak mau kalah, rektor UGM pun turut memberikan sambutan setelah itu. Disusul dengan sambutan dari Perwakilan Kementerian Pendidikan Nasional. 

Selesai mendengarkan sambutan-sambutan, waktunya dinnnnner! XD EH tunggu dulu! sebelum semua orang beranjak untuk mengisi perut, ternyata UGM mempersembahkan presentasi singkat tentang program unggulan UGM, yaitu DREAM. DREAM merupakan pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh UGM. Pada tahun lalu, sebanyak 12 negara berpartisipasi dalam DREAM. Dua MC dari HI UGM dengan apik mempresentasikan apa dan bagaimana itu
 DREAM sekaligus mengajak para peserta yang sekarang sedang duduk di SMA tingkat akhir untuk berpartisipasi tahun depan. 

Yaps, finally, kita makan dinner! KebumianZone agak kaget juga waktu mengintip menu dinner kali ini, soalnya menunya Indonesia banget. Pengalaman kakak-kakak alumni IESO yang berangkat ke Taiwan kemarin, menu makanan di IESO Taiwan internasional banget; dari sushi jepang sampai roti Prancis ada. Tapi, malam ini yang tersedia adalah lontong, opor ayam, nasi goreng... nggak heran para peserta pada "mengintrogerasi" peserta IESO dari Indonesia tentang makanan-makanan yang tersedia. Uniknya, salah satu peserta dari Nepal, Sajana, bilang pada KebumianZone bahwa dia justru bersyukur, soalnya makanan malam itu mirip dengan makanan sehari-hari di Nepal. Wah, wah, begitu toh...

Nah, selama makan malam, tiap negara memperkenalkan diri satu-persatu dengan cara memutar video atau powerpoint. Tak lupa para pesertanya "menampakkan diri" di depan panggung. Urutan majunya urut alfabet, dan Indonesia dapat giliran setelah India. Wah, video dan presentasinya lucu-lucu banget! Anak-anak Ukraina mengklaim bahwa Ukrania itu cewek-ceweknya paling caem sedunia (aseeek), lain lagi dengan anak Philipina yang ternyata hobi maen sepak Takraw! Kontingen dari SriLangka menyanyikan lagu nasionalnya bareng-bareng di depan panggung, dan tim USA mengangkat isu kerusakan lingkungan dalam perkenalan mereka. Seru-seru! XD

Nggak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 malam. Welcome Dinner pun ditutup dengan pengarahan dari Pak Hendra buat acara opening ceremony esok paginya bertempat di Kantor Gubernur DIY. Nah, KebumianZone pun pulang dengan hati gembira sekaligus rindu dengan masa-masa IESO dulu... wah, rasanya pingin IESO lagi T.T

Yup, hari Senin di Opening Ceremony pun, KebumianZone bakal hadir!! wah, kayak apa ya?? XD  makanya,  jangan lewatkan liputan ekslusif KebumianZone pada event IESO 2010 ini!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP