Written Test IESO 2010, Lebih Gampang?

>> Rabu, 22 September 2010

-- jangan lewatkan liputan ekslusif KebumianZone pada event IESO 2010 ini!!!!

70% dari hasil IESO  ada di hari ini, 21 September 2010. Bertempat di KPFT (Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM) lantai 2, peserta IESO dari 19 negara menjalani tes tertulis. Sesuai silabus, tes tertulis alias written test ini akan mempertanyakan problem-problem berkenaan dengan geosfer, atmosfer, ruang angkasa, dan hidrosfer dengan bobot masing-masing 4:3:2:1.

Peserta sudah standby di area UGM mulai pukul 8 pagi. Pukul 9 pagi, berpusing-pusing pun dimulai. Waktu mengerjakan soal 3 jam, sehingga tes tertulis selesai pada pukul 12 siang.

Wah, berarti, peserta IESO harus jago bahasa Inggris dong? Secara soal internasional ‘kan pastinya dalam bahasa Inggris? Hmmm.. sebenarnya nggak juga. Pasalnya, malam sebelum written test, para mentor dari masing-masing negara bertemu dalam forum International Jury Meeting. Di sini, para mentor ngebut menerjemahkan soal (baik written maupun practical) ke bahasa Ibu masing-masing. Jadi, soal yang dikerjakan anak Kuwait bakal dalam bahasa Arab, anak Taiwan dalam bahasa Mandarin, dan anak USA dalam bahasa Inggris....

eh? Wah, enak ya, mentor USA, India, dan negara-negara berbahasa Inggris lain gak usah capek-capek menerjemahin! Hmmm... sebenernya nggak juga (lagi hehehehe). Acara International Jury Meeting nggak cuma terjemahin soal aja. Lebih susah dari itu, para mentor yang terpilih sebagai juri internasional harus memeriksa dan mendiskusikan soal-soal yang sudah dibuat oleh scientific committee yang beranggotakan profesor-profesor dari tuan rumah. Tak jarang, para juri berdebat tentang soal-soal tertentu. Alhasil, akan ada soal-soal yang diganti total. “Kalian tidur pulas, kita kerja keras.” Begitu kata Pak Sapto waktu di kamar 386 tentang International Jury Meeting.

Yap, begitulah proses yang akhirnya menghasilkan lembaran kertas yang ditekuri 81 peserta IESO selama 180 menit.

Akhirnya, waktu untuk written test habis. Sudah disediakan berderet-deret makan siang ala prasmanan untuk mengisi perut para peserta yang sudah keroncongan. Sayangnya, KebumianZone tidak boleh naik ke lantai 2 tempat aktivitas IESO ini berlangsung, sehingga terpaksa nih KebumianZone nunggu di bawah. 

suasana lantai 2 beberapa menit setelah tes tertulis

Eeeh... tiba-tiba panitia IESO turun membawa map-map coklat berisi lembar jawaban written test IESO!!!! Wah langsung aja deh kamera pinjeman beraksi!!!

kakak panitia IESO membawa lembar jawaban written test


lembar jawaban diamankan ke mobil

Selang beberapa menit, kak Kamil dari Insan Cendikia Serpong menuruni tangga KPFT.
“Hai Kamil!! Semangat ya! J gimana tadi?” tanya KebumianZone.
Sambil tersenyum Kamil menjawab, “Waktunya kurang nih...”
“Hmmm... soalnya gampang? Gimana?”
“Yaaa lumayan.”
“lebih gampang dari tahun lalu?”
“iya kayaknya...”

kak Yan (www.researchofgeology.blogspot.com) berpose dengan kak Kamil

Lalu Kamil pun kembali ke lantai 2. Selang beberapa menit, akhirnya Tim Indonesia pun turun! Dimulai dari kak Mikey, lalu kak Ardy, kemudian kak Ega, kak Fajar, dan lain-lain. Kata mereka sih, soalnya lebih gampang dari tahun lalu, tapi waktu 3 jam itu nggak cukup deh buat nyelesein soal. Apalagi banyak soal yang meminta mereka menjabarkan kalkulasi mereka alias show your calculations. Yah, tapi namanya juga soal internasional, pasti menantang dong!

 Setelah makan siang, akan ada orientasi untuk tes-tes praktek hari berikutnya. Orientasi bertempat di Fakultas Teknik Geologi UGM hingga pukul  16.00 WIB.

Wah, semangat yaaaaa tim Indonesia!!!! 
GO MERAH PUTIH!!


0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP