`

Yuk, Mengintip Persiapan Tim Indonesia untuk IESO 2010!

>> Sabtu, 18 September 2010

Suasana Teknik Geologi UGM yang semarak dengan spanduk IESO (18/9)


International Earth Science Olympiad (IESO) bakal digelar di Jogja dalam hitungan jam. Sebagai tuan rumah, tentunya beban yang dipikul kedelapan pejuang kebumian kita cukup berat. Bisa dibilang, dalam IESO 2010 kali ini Indonesia harus mampu meraih emas! Wah, gimana dong Tim Indonesia yang beranggotakan Ardy Ramadhan (SMAN 48 Jakarta), Ega Gita Prasastia (SMAN 2 Purwokerto), Fajar Febriani Amanda (SMAN 1 Banjarnegara), Asri Oktavioni (SMAN 8 Jakarta), Mikey (SMAN 8 Pekanbaru), Rio Priandi Nugroho (SMAN 3 Yogyakarta), Liamsi Kamil (MAN Insan Cendikia Serpong), dan Punia Raharja (SMAN 1 Liampura) ini bersiap-siap untuk menghadapi “perang” dalam 8 hari ke depan?

Senangnya .....!!!! Tadi pagi, KebumianZone berhasil Ega Gita Prasastia tentang apa aja sih isi “penggodokan akhir” yang mereka jalani selama tanggal 14-18 September 2010 ini.

Ternyata, selama lima hari terakhir, Tim Indonesia menjalani karantina di homestay Cassa Callisto, Yogyakarta. Jadwal karantinanya padat banget! Hari pertama,  Tim Indonesia belajar geologi bersama Pak Sapto (UGM) hingga jam 10 malam. Mereka juga berlatih mengerjakan soal-soal geologi Internasional. Pada hari kedua, kedelapan peserta mengikuti field trip alias kuliah lapangan. Awalnya, rombongan direncanakan mengunjungi Kali Ngalang, tempat tes lapangan IESO akan digelar. Sayangnya  cuaca tidak mendukung; dikhawatirkan hujan yang turun terus-menerus akan menyebabkan Kali Ngalang banjir. Akhirnya, Tim Indonesia pun berganti studi lapangan ke suatu gunung (Ega lupa namanya...).

Besoknya, kegiatan belajar-mengajar dihentikan sementara: waktunya penguatan mental! Yup, pada hari Rabu kemarin, tim Merah Putih menjalani sesi psikologi dengan psikolog ternama, Ibu Aisyah Indriati. Selama seharian penuh, Ibu Aisyah menjelaskan pentingnya mental yang kuat dalam kompetisi macam IESO. Nggak cuma otak encer aja loh! Tuh kaaaan, persis seperti yang KebumianZone bilang kemarin :D Acaranya fun, sarat games yang bikin relaks sejenak. Pada salah satu games nya, peserta diajak merefleksikan diri... tentang apa saja sisi plus dan minus yang dimiliki. “Pengakuan” itu ditulis dalam selembar kertas lalu kemudian dinilai oleh peserta lain. Wah, asik juga ya, bisa tahu pribadi temen satu tim dengan sebenar-benarnya :D

Setelah mental para pejuang kebumian Indonesia telah ditempa sekuat baja, waktunya belajar lagi! Pada hari keempat meteorologi dan oseanografi dibabat habis tim Indonesia. Yang mengejutkan, pelajaran tentang oseanografi baru dimulai setelah jam makan malam, yaitu sekitar pukul 20.30 dan baru selesai jam 10 malam. “semua udah pada ngantuk-ngantuk tuh...” Ega mengaku. Hmmm, jadi sambil belajar oseanografi, pejuang-pejuang kita juga asyik menyelami “lautan” mimpi... hehehe.

Dan, apa yang akan dilakukan Tim Indonesia hari ini? Tentu saja, membantai soal-soal astronomi! Hari ini rencananya juga akan ada pelajaran tentang alat-alat meteorologi yang dipandu oleh Pak Zadrach (ITB).

“Terus, pembagian tim A dan tim B nya gimana, Ga?” tanya KebumianZone. Bagi yang belum tahu, 8 peserta IESO dari Indonesia akan dibagi menjadi dua tim. Tim A sebagai tim utama berhak mengikuti semua kegiatan 4th IESO dan hasil pekerjaan mereka akan dinilai untuk penentuan medali. Sedangkan, tim B adalah tim tamu yang juga berhak mengikuti semua kegiatan 4th IESO, namun hasil tesnya tidak dinilai. Ini karena berdasarkan Statuta IESO yang berlaku sejak 1st IESO, tiap negara hanya bisa diwakili maksimum 4 orang. Mengirim lebih boleh (Amerika Serikat pada IESO 2009 mengirim 6 orang—red), namun peserta utamanya 4 orang saja. Wah, siapa yaaa yang akhirnya terpilih? “Belum tahu nih,” kata Ega,”tapi dasar penilaiannya itu hasil pelatnas-pelatnas yang lalu plus hasil tes psikologi.” Oooh, jadi pada sesi psikologi di hari ketiga, para peserta ternyata juga menjalani tes psikologi kecil yang disebut-sebut bakal dipertimbangkan dalam penentuan tim A dan tim B. Mengenai kapan hasilnya keluar, Ega juga nggak tahu pasti. Kayaknya bakal surprise gitu deeh...

Waaah, semangat yaaaa teman-teman kebumian!! Siapapun yang akhirnya terpilih jadi tim A, kita akan selalu mendukung kalian berdelapan kok! Karena bagaimana pun kalianlah the best eight  geosciensters yang udah berhasil selamat dari berbagai tahap seleksi, hingga akhirnya berhasil memakai jaket Timnas Indonesia yang sangat membanggakan!

Ayoooo geosciensters seluruh Indonesia, kita dukung Ega, Ardy, Fajar, Asri, Mikey, Rio, Kamil, dan Punia dalam IESO 2010!!
 Go Merah Putih!!! 
*berapi-api*

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP