22 Siswa Memastikan Diri Lolos ke Pelatnas 2 IESO 2011

>> Senin, 15 November 2010

Hari Sabtu kemarin adalah hari yang mendebarkan bagi ke-28 pejuang kebumian kita yang sedang mengikuti Pelatnas (Pelatihan Nasional) Tahap I Olimpiade Kebumian di Yogyakarta. Yup, setelah pada Jum’at kemarin mereka menjalani tes Komprehensif yang bikin otak ‘kembang-kempis’, esoknya Pak Hendra selaku ketua tim IESO Indonesia langsung mengumumkan siapa yang lolos ke babak selanjutnya. Waaaah, siapa ya?? Tapi sebelum KebumianZone bongkar total nama-nama 22 siswa yang beruntung tadi, yuk kita lihat kegiatan apa aja sih yang pejuang-pejuang kebumian jalani selama sebulan penuh ‘bermeditasi’ di Hotel Cakrakembang, Yogyakarta. 

peserta Pelatnas I IESO 2011 menamakan diri sebagai 'GEOTHITE'

Sebagai persiapan menuju IESO 2011 di Italy (+.+), Bapak Dr. D. Hendra Amijaya, “Bapak” Tim IESO Indonesia dan juga merupakan dosen di Jurusan Teknik Geologi UGM, mentitahkan 30 siswa-siswa yang berhasil menggondol medali emas, perak, perunggu plus 3 siswa tanpa medali namun dengan nilai cukup tinggi untuk menjalani Pelatnas Tahap I. Namun, dari 33 siswa yang dipanggil, sebanyak 5 orang mengundurkan diri, kebanyakan karena memilih untuk fokus ke Ujian Nasional. Hingga akhirnya sebanyak 28 siswa lah yang menapakkan kaki ke tahap I seleksi road to Italy ini! 

Seperti biasanya, Tahap I Kebumian bertempat di luar negeri, yaitu Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat (hehehe). Seperti biasa pula, pelatnas berlangsung selama kurang lebih satu bulan di bawah naungan Teknik Geologi UGM. Tentu saja materi bahasan dalam pelatnas I ini nggak jauh-jauh dari geologi, antara lain:
1.       konsep dasar kebumian
2.      Kristalografi dan mineralogi
3.      Petrologi: Batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf
4.      Peta topografi
5.      Geologi struktur
6.      Geomorfologi
Namun, yang nggak seperti biasanya, dan juga yang bikin kakak-kakak alumni ‘geregetan’, adalah: pelatnas I kali ini bertempat di hotel! Tepatnya di Hotel Cakrakembang,  dengan fasilitas kolam renang dan dekat pusat kota!!! T.T

aih senangnya... kita dulu mah nginap di wisma P4TK Seni dan Budaya, terletak di Jalan Kaliurang km 12 (di atas banget). Tapi pelatnas kita seru juga kok, dengan udara dingin khas pegunungan dan pemandangan yang indah :PPP (ga mau kalah)

di hotel Cakrakembang ini, nggak cuma anak-anak Kebumian aja yang mendadak jadi tamu setia; di tempat yang sama juga diadakan Pelatnas I Olimpiade Matematika.

Terus, belajarnya anak pelatnas gimana sih, KebumianZone? Jadi, terdapat 4 jenis proses belajar selama pelatnas ini:
1.      Kuliah: belajar di kelas bersama dosen-dosen dari Teknik Geologi UGM
2.      Praktek Lab: menjadi ‘mahasiswa dadakan’, belajar di lab-lab yang terdapat di Teknik Geologi UGM
3.      Field Trip: jalan-jalan ke gunung, pantai, dsb. untuk melihat langsung geologi di alam
4.      Mentoring: belajar dengan suasana informal ditemani kakak-kakak Asisten IESO di ruang kelas. Sifatnya nggak wajib (kalau lagi pengen belajar di kamar masing-masing juga boleh), biasanya berlangsung pada malam hari.

Tuh, ‘kan? Meskipun bolos sekolah sebulan, nggak berarti anak-anak olim enak-enakan! Malah pelajarannya jauh lebih ‘parah’ dari pelajaran-pelajaran di sekolah.. normalnya materi-materi ini sebenarnya baru diberikan untuk para mahasiswa Teknik Geologi! @_@ Apalagi nggak hanya belajar saja, anak-anak pelatnas juga harus mengerjakan TES secara berkala dan setiap tes akan diranking. Ranking itulah yang menjadi dasar penentuan siapa yang berhak menjadi sang pelatnas-er tahap II.

Siapa aja? Nggak pake lama, ini dia:

1.     1. Syera Afita Ratna (SMAN 1 Banjarnegara)
2.      2. Ferralda Thalita Amir (SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta)
3.      3. Muhammad Reza Ardian (SMAN 1 Depok)
4.      4. Imam Fajri Wiyono (MAN Insan Cendikia Serpong)
5.      5. Farizky Hisyam (SMAN 3 Malang) :)
6.      6. Irvan Febrianto (SMAN 48 Jakarta)
7.      7. Sukianto Kurniawan (SMAN 8 Pekanbaru)
8.      8. Ichwan Sangiaji (SMAN 34 Jakarta)
9.      9. Anarita Widya (SMAN 8 Yogyakarta)
10.   10. Ajang Rukmayana (SMAN 1 Cisarua)
11.   11. Fenini
12.   12. Putri Rafika Dewi (SMAN 1 Pati)
13.   13. Iqlima Luthfita Sari (SMAN 3 Malang) :)
14.   14. Thomas Teguh Wijaya (SMAK Petra 2 Surabaya)
15.   15. Safrul Setiawan (MAN Insan Cendikia Gorontalo)
16.   16. Yuda
17.   17. Maghfira Abida (SMAN 1 Magelang)
18.   18. Bintang Rahmat Winanda (SMAN 8 Jakarta)
19.   19.Muhammad Chandra (SMAN 48 Jakarta)
20.   20. Andrean Eka Lucianto (Taruna Nusantara Magelang)
21.   21. Muhammad Luthfi (SMAN 1 Cianjur
22.   22. Ferdinand M. Sinatupang (SMAN 99 Jakarta)

Yap!
semoga sukses untuk Tahap 2 yang akan dilaksanakan sekitar 2 bulan lagi di kota kembang, Bandung, dengan materi meteorologi dan/atau astronomi!

Haaah? Pelatnas 2 kok materinya langsung meteo astro?? Iya nih, persiapan IESO 2011 ini emang agak beda.. kalau biasanya pelatnas 2 masih seputar geologi, sekarang mereka langsung banting setir ke meteo dan astro...

Waah asik banget sih pelatnas I !!! tentunya kamu juga pengen baaaaaanget dong berhasil meraih medali di OSN 2011 Manado lalu bergabung dengan Tim INA ke Jepang untuk bertarung di IESO 2012? Makanya, persiapkan dirimu sedini mungkin, salah satunya dengan mengikuti KebumianTryout, Tryout Kebumian Online berskala nasional pertama di Indonesia! GRATIS! More info, hit: KebumianTryout
See you there! :) 

1 komentar:

andrean eka 15 November 2010 21.55  

kak sau.. saya nggak ikut foto pake jaket GOETHITE... padahal itu designnya dari saya low kak... huhuhu... sediiihhh.....=( tp gak pa pa deh... SEMANGKA!!! untuk teman2 semua..sampai ketemu lagi di pelatnas 2 yang pastinya makin seru aja..><

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP