Pembahasan OSK 2010

>> Rabu, 10 November 2010

6. (A) Ignimbrit adalah batuan beku piroklastik yang biasanya disebabkan oleh pyroklastik flow. Cirinya: sortasi buruk, ketebalan bergantung topografi, kadang dijumpai struktur welded (mengelas).

8. (D) Letusan tipe Peleean selalu memiliki guguran kubah lava.

13. (A) metasomatisme adalah proses metamorfisme yang melibatkan perpindahan massa fluida yang panas (hydrothermal), sering terjadi di daerah pematang tengah samudera di mana ada sumber magma yang panas plus banyak airnya (kan di bawah laut), sehingga cocok sekali untuk berlangsungnya proses hydrothermal.

25. (C) paleoekologi adalah ilmu yang mencoba menggambarkan lingkungan hidup (=ekologi) suatu makhluk hidup yang sekarang udah punah dan tinggal fosilnya aja. Contohnya aja, kan zaman sekarang dinosaurus kan tinggal tulang belulangnya, tapi kok bisa Steven Spielberg bikin film Jurrasic Park? Dari mana dia tahu lifestyle nya dino-dino yang udah punah ratusan juta tahun yang lalu? Tentu saja dengan minta bantuan para paleoekologis. Berdasarkan berbagai data yang ada seperti temperatur purba, komposisi atmosfer purba, fosil-fosil tumbuhan, dsb. para ilmuwan bisa memperkirakan cara hidup fosil-fosil ini di masa jayanya. 

Nah, ceritanya kamu adalah seorang paleontologis dan punya istri seorang paleoekologis (wah pasangan "purba" ya hahahaha). Waktu honeymoon di suatu pulau terpencil,  gak kalian sengaja menemukan fosil! Setelah diteliti eh ternyata itu fosil dinosaurus! Tapi sayangnya , pantai tempat kalian menemukan fosil itu 50 tahun yang lalu diterjang tsunami gede-gedean sehingga semua data tentang temperatur purba, fosil pendamping, dsb dsb hilang tak bersisa. Waduh, gimana ya? kalau sudah begini, yang bisa dilakukan ya cuma membandingkan morfologi fosil yang kalian temukan dengan fosil dino lain yang mirip dan sudah dideskripsikan paleoekologinya. Kan kalau morfologinya mirip-mirip, kemungkinan besar lifestyle nya sama kan? senggaknya gak jauh-jauh amat.
problem solved! silakan lanjutin honeymoonnya... aseeeek :p

30. (A) sortasi batuan adalah derajat kesamaan ukuran butir batuan. Maksudnya begini. Kalau ada batuan sedimen yang ukuran partikelnya ada yang segede bakpau, segede kelereng sampai sehalus garam, berarti kan ukurannya macem-macem, ini disebut "sortasinya jelek". Kalau batuan sedimen itu ukurannya samaaa semua, misalnya batulempung kan ukurannya pada haluuus semua, ini disebut "sortasi buruk". Yang seperti ini gak bisa memberi tahu kita mana bagian atas lapisan dan mana bagian bawah lapisan. Tetapi, beberapa struktur batuan sedimen bisa menunjukkan top and bottom lapisan sedimen, loh! selengkapnya baca "Struktur Batuan: Sedimen"

45. (A) Cuaca adalah kondisi atmosfer sesaat yang melingkupi wilayah yang relative sempit. Misalkan kamu pergi keluar dan melihat langit penuh awan, kamu bisa bilang “cuacanya berawan!”. Tapi belum tentu satu jam lagi langit tetap berawan, dan belum tentu juga jarak 10 km dari tempatmu berada cuacanya juga sama, ya kan? Itulah cuaca, kondisi udara pada wilayah yang sempit dan berlangsung sebentar. Bandingkan dengan iklim yang bisa melingkupi beberapa wilayah negara dan berdasarkan tren atmosfer selama 30 tahun!

98. (A) Pasang terbesar, seperti yang kita ketahui, terjadi waktu matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Sebenarnya, pasang terbesar juga ditemani oleh surut terbesar. Bisa kamu bayangkan, karena di dua sisi bumi air laut benar-benar ditarik ke atas begitu tingginya, maka di dua sisi bumi yang lain air menjadi sangat surut.

2 komentar:

Amanda Widya 8 Mei 2011 21.01  

Merci beaucoup :)
Kebetulan saya akan mengikuti seleksi olimpiade kebumian tingkat kabupaten..
Infonya sgt brmnfaat..

Amanda Widya 8 Mei 2011 21.04  

Merci beaucoup :)
Kebetulan saya akan mengikuti seleksi olimpiade kebumian tingkat kabupaten..
Infonya sgt brmnfaat..

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP