`

Lempeng vs Kerak, the very basic of Geoscience! PART 2

>> Jumat, 07 Januari 2011


Kita sudah tahu apa itu beda kerak dan lempeng. Sekali lagi, kerak adalah bagian terluar bumi setebal maks. 70 km yang komposisi kimianya kaya silikat. Lempeng adalah bagian terluar bumi setebal 100-150 km yang sifat fisiknya padat. Sama-sama bagian terluar bumi, namun dinamai kerak jika kita meninjau dari segi komposisi kimianya, atau lempeng jika kita meninjau dari segi sifat fisiknya.

Nah, berdasarkan komposisi kimianya, kerak terbagi lagi menjadi dua jenis: kerak benua dan kerak samudera. Kerak benua adalah kerak yang komposisinya kaya Si dan Al alias asam. Karena itu, berat jenisnya rendah (2,7 g/cm3). Selain itu, umurnya relatif tua dan tebal sekali (20-70 km). Kerak benua, sesuai namanya, biasanya membentuk daratan.

Selain kerak benua, ada satu lagi jenis kerak, yaitu kerak samudera: kaya Si dan Magnesium alias basa. Berat jenisnya tinggi (3,0 g/cm3). Umurnya muda. Tipis (7-10 km). Sesuai namanya, kerak samudera biasanya membentuk lautan.

Nah, lalu apa itu lempeng benua? Sekali lagi camkan dalam benakmu, litosfer terdiri atas kerak dan mantel atas. Kalau misalnya suatu litosfer punya kerak berjenis kerak benua, maka litosfer ini disebut lempeng benua. Dan sebaliknya; litosfer yang keraknya berjenis kerak samudera dinamai lempeng samudera.

Ada nggak sih litosfer yang keraknya ada yang kerak benua dan ada yang kerak samudera?

Yah, kenapa enggak? :D lempeng Eurasia sebenarnya adalah lempeng benua-samudera; bagian utara-baratnya tersusun oleh kerak benua, tapi bagian Indonesia (Jawa) nya adalah kerak samudera.

Dalam teori tektonik lempeng alias plate tectonic, yang disebut-sebut saling bertabrakan, saling berjauh
an, bersubduksi adalah plate alias lempeng  alias litosfer, BUKAN kerak! Sekali lagi, BUKAN kerak! 



Berdasarkan penelitian ahli geofisika, kerak terlalu tipis buat ditabrak-tabrakin, ditarik-tarik, dan didelesep-delesepkan. Sehingga bisa disimpulkan bagian terluar bumi yang berperan dalam tektonik lempeng nggak Cuma kerak, tapi kerak+bagian mantel atas yang sifatnya padat, yang secara keseluruhan kita sebut... apa anak-anak...? Yup, litosfer.

Menakjubkan ya, betapa kita udah salah paham selama ini. :D

2 komentar:

alfendiyani wandika 9 Januari 2011 18.17  

nice...
pengen ikut OSN lage jadinya

Anonim,  25 April 2013 01.42  

maknyooos bet

Poskan Komentar

Loading...

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP