`

Bertabur Bintang di Pelatnas II Kebumian

>> Rabu, 23 Februari 2011

Sejak 20 Februari 2011 kemarin hingga 6 Maret 2011 mendatang, sebanyak 22 siswa yang telah lolos Pelatihan Nasional (Pelatnas) I akan kembali bertarung di ajang Pelatnas II yang bertempat di Kota Kembang Bandung. Berbeda dengan biasanya, Pelatihan Nasional (Pelatnas) II Kebumian untuk persiapan menuju IESO 2011 di Modena Italia ini mengambil tema 'Astronomi'. Hal ini diutarakan oleh Bapak Sapto Samudera selaku salah satu pembina TOIKI kepada TOIKI.or.id, 
" Setelah berdiskusi dengan Bapak Hakim L. Malasan (dosen Astronomi ITB sekaligus salah satu pengajar bidang Astronomi di Pelatnas - red), kita putuskan seleksi numeris (seleksi kemampuan berhitung - red) akan ditaruh di depan." 
Pada Pelatnas II menuju IESO 2009 yang lalu, materi yang dibahas mencakup geologi dan meteorologi, sedangkan pada Pelatnas II IESO 2011, Geologi Terapan-lah yang dibahas.

Pada Pelatnas kali ini, para pengajar berasal dari Jurusan Astronomi ITB dan juga LAPAN, antara lain: Dr. Sarmoko Saroso (LAPAN), E. Sunggung Mumpuni, M.Si (LAPAN), Endang Soegiartini, M.Si (ITB), Agus Triyono, M.Si (ITB) dan M. Irfan Hakim, M.Si (ITB). 

Pembina Tim Astronomi Indonesia, Bapak Chatief Kuntjaya (kiri) bersama Para Pejabat DIKNAS

Sedangkan materi yang akan dibahas antara lain:
1. Besaran Dasar dalam Astronomi dan Radiasi Elektromagnetik
2. Bola Langit
3. Konsep Waktu dan Kalender
4. Pengantar Tata Surya
5. Bumi dan Alam Semesta
6. Matahari Sebagai Bintang
7. Interaksi Bumi-Matahari
8. Praktek Astronomi; Pengamatan dan Instrumentasi
9. Olah Data Astronomi

Selain kuliah tatap muka di kelas, para pejuang Pelatnas II juga akan menjalani sesi praktikum di Observatorium Boscha, Bandung, meliputi pengamatan bintang dan latihan penggunaan teleskop. Selain itu terdapat juga sesi belajar mandiri agar wawasan siswa mengenai Astronomi makin bertambah.

Pada akhir Pelatnas, diharapkan terpilih 15 siswa yang memiliki kompetensi baik dalam bidang Astronomi sehingga berhak maju ke putaran selanjutnya. Selamat berjuang!


 

2 komentar:

Zainal Imron Hidayat 23 Februari 2011 19.28  

Semoga berhasil untuk Tim IESO 2011 dalam Pelatnas 2. We pray for you all. =)

Robbi Aulia 10 Juni 2011 15.14  

semangaddhhh :)))
wish u all the best

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP