`

Karantina Terakhir Tim 5th IESO Indonesia Telah Berakhir

>> Selasa, 02 Agustus 2011

Untuk lebih mematangkan persiapan tim 5th IRSO Indonesia, pada tanggal 19-31 Juli 2011 telah diadakan karantina intensif di Yogyakarta bertempat di homestay Bulaksumer UGM B-1.

 Tim 5th IESO Indonesia, dari kiri ke kanan: Syera Afita, Anarita W., Farizky Hisyam, Reza Ardian

Tim 5th IESO yang rencananya akan terbang ke Modena, Italia pada awal September ini diberi pembekalan selama 2 minggu terutama untuk materi-materi yang belum sempat diajarkan di pelatnas-pelatnas sebelumnya, meliputi vulkanologi, peta geologi, geofisika, dsb,  memantapkan pula materi astronomi dan meteorologi/klimatologi, pemantapan tes laboratorium, serta kegiatan lapangan. Materi-materi geologi disampaikan oleh dosen-dosen Teknik Geologi UGM sedangkan materi astronomi dan meteorologi disampaikan oleh pengajar dari ITB. Pembelajaran diadakan pada siang hari baik di kampus Teknik Geologi UGM maupun di homestay.

 Pelatihan Praktikum Paleontologi di Lab. Paleontologi Teknik Geologi UGM

Sedangkan, pada malam hari Tim 5th IESO yang terdiri atas Farizky Hisyam (SMAN 3 Malang), Syera Afita Ratna (SMAN 1 Banjarnegara), Reza Ardian (SMAN 1 Depok), dan Anarita Widyaningrum (SMAN 8 Yogyakarta) melaksanakan belajar mandiri atau mentoring didampingi oleh alumni-alumni IESO yang berdomisili di Yogyakrata, antara lain Sarah Sausan (IESO 2009), Ega Gita Prasastia (IESO 2010), Ardy Ramadhan (IESO 2010), dan Fraga Luzmi Fahmi (IESO 2009). Keterlibatan alumni IESO merupakan hal baru dalam rangkaian pelatnas kebumian; Dr. Hendra Amijaya selaku pembina tim IESO Indonesia menyatakan bahwa adanya alumni IESO dalam mendampingi Tim IESO yang akan segera berlaga diharapkan dapat memberi rasa tenang dan tidak sendirian, serta dapat berbagi pengalaman selama IESO. Pada sesi mentoring terakhir, Dr. Hendra Amijaya juga hadir untuk memberikan materi tentang geologi regional daerah Modena, Italia.

Pembekalan oleh Dr. Hendra Amijaya tentang Geologi Regional Italia


Kegiatan karantina juga meliputi fieldtrip yang dilaksanakan pada akhir pekan selama dua kali, dengan tujuan Bayat dan Sangiran. Diharapkan skill lapangan para peserta IESO akan makin terasah sehingga siap memenangkan medali di Italia. Kita semua berharap pada IESO ke-5 kali ini Tim Indonesia akan memperoleh hasil yang lebih baik dari IESO-IESO sebelumnya.
(sau, foto: ega).

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP