104 Siswa Bertarung dalam Tes Teori dan Praktek IESO

>> Jumat, 09 September 2011

Sebanyak 104 siswa dari 25 negara telah menjalani written test (tes tulis) dan practical test (tes praktek) pada 8-9 September 2011 ini. Tes tulis dilaksanakan di ruang kampus Unimore (Universita Degli Studi di Modena e Reggio Emilia) dan berlangsung sejak pukul 11.00 waktu setempat hingga 4 jam kemudian. Peserta yang berbahasa nasional non-Inggris mendapatkan 2 set soal, yakni soal dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa ibu yang telah diterjemahkan oleh mentor masing-masing negara. Topik yang diujikan mencakup geosfer, atmosfer, hidrosfer, dan astronomi.




Sedangkan rangkaian practical test mengujikan berbagai macam aspek geologi, meliputi geologi struktur, mineralogi, petrologi, paleontologi, dan analisis peta . Peserta antara lain diminta untuk menentukan kedudukan struktur (strike dan dip) model perlapisan, mendeskripsikan peraga batuan, mendeskripsikan peraga fosil baik mikroskopis maupun makropis, melakukan pembacaan dan analisis peta geologi serta citra digital, serta mengidentifikasi mineral menggunakan alat-alat sederhana. Selain di bidang geologi, peserta juga menjalankan tes astronomi berupa penggunaan teropong dengan solar filter dan juga pengolahan data astronomi.





Tentu saja, untuk menghilangkan kepenatan para peserta setelah menjalani berbagai tes, maka pada sore hari setelah written test berakhir peserta IESO diajak mengunjungi Pusat Perlindungan Sipil Modena. Pada hari berikutnya setelah practical test para peserta pun kembali berjalan-jalan ke Villa Sorra, sebuah taman yang kaya akan nilai-nilai budaya Italia dengan lankskap yang sangat indah.

Selain kedua tes diatas, masih ada satu jenis tes lagi yang akan dijalankan peserta pada 10-11 September 2011, yaitu International Team Field Investigation (ITFI), sebuah penelitian bersama yang melibatkan interaksi antar anggota tim dengan kebangsaan berbeda-beda. Meskipun ITFI tidak dihitung ke dalam penilaian untuk medali, namun ajang ini cukup prestise dengan menawarkan award khusus berupa Best Cooperation Team dan Best Presentation Team.

Kita doakan semoga tim Indonesia dapat menjalankan ITFI dengan baik dan lancar serta mengharumkan nama bangsa di kancah olimpiade internasional.

Untuk foto-foto dan video kegiatan IESO selengkapnya dapat dilihat di www.ieso2011.unimore.it 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP