`

PERS RELEASE - TIM INDONESIA MENUJU 7TH INTERNATIONAL EARTH SCIENCE OLYMPIAD 2013 DI INDIA

>> Minggu, 01 September 2013

Dengan akan diselenggarakannya 7th International Earth Science Olympiad (IESO) di Mysore, India pada tanggal 10 s.d. 20 September 2013 yad, Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengirimkan tim untuk berpartisipasi pada olimpiade tersebut. Tim Indonesia terdiri dari 5 orang siswa yaitu Eka Dhamayanti (SMAN 1 Mojoagung, Kediri), Evan Sugiarto Afil (SMAK Petra 2 Surabaya), M. Ardiansyah Nugraha (SMAN 1 Bogor), M. Ridwan Dzikrurohim (SMAN Sragen BBS) dan Aditya Hirawan (SMAN 1 Yogyakarta). Para siswa tersebut akan didampingi oleh beberapa pembina yaitu Dr. D. Hendra Amijaya (Jurusan Teknik Geologi UGM), Drs. Zadrach L. Dupe, MSc (Prodi Meteorologi ITB), Saptono Budi Samodra, ST, MSc (Jurusan Teknik Geologi UGM), M. Irfan, SSi, MSi (Prodi Astronomi ITB) dan Dra. Arfah Laidiah Razik, MA serta Rosyid Achmadi, BA (Kemendikbud).

Para siswa yang akan mewakili Indonesia tersebut merupakan siswa-siswa yang telah melewati seleksi yang sangat ketat mulai dari tingkat sekolah, kabupaten dan propinsi masing-masing untuk menuju pada Olimpiade Sains Nasional 2012 dalam Bidang Ilmu Kebumian. Siswa-siswa yang memiliki peringkat 30 besar pada OSN tersebut kemudian dilatih dan diseleksi kembali melalui 4 tahapan pelatihan nasional sehingga akhirnya terpilih keempat siswa tersebut.

Internasional Earth Science Olympiad adalah olimpiade khusus untuk bidang Ilmu Kebumian, dimana para siswa dituntut untuk menguasai materi pada bidang geologi, geofisika, meteorologi, oseanografi dan astronomi. Pada olimpiade ini, tes akan diberikan dalam bentuk tes teori, tes praktek lapangan dan tes praktek laboratorium untuk memperebutkan medali emas, perak dan perunggu serta penghargaan khusus lainnya yang disediakan. Uniknya pada IESO juga terdapat kompetisi berupa International Team Field Investigation, dimana para peserta akan dibagi dalam kelompok campuran yang anggotanya dari berbagai negara dan kemudian diminta menyelesaikan sebuah tugas serta mempresentasikannya. Penghargaan khusus akan diberikan pada tim terbaik pada kompetisi ini.

Indonesia telah berpartisipasi 5 kali pada IESO, yaitu pada 1st IESO 2007 di Korea dengan prestasi 4 medali perunggu, 3rd IESO 2009 di Taiwan dengan prestasi 1 medali perak dan 2 medali perunggu kemudian pada 4th IESO 2010 di Indonesia dengan prestasi 2 medali emas dan 6 medali perak. Setelah itu pada 5th IESO 2011 di Italia, Indonesia meraih 3 medali perak dan 1 medali perunggu serta Best Performance in Astronomy. Terakhir pada 5th IESO 2012 di Argentina, Indonesia meraih 3 medali perak dan 1 medali perunggu serta Best Performance in Meteorology.

1 komentar:

Yosef Budiman 5 September 2013 20.40  

Kami mahasiswa Indonesia yang sedang study di Mysore dan sekitarnya siap menjadi pendukung tim Indonesia....yosefbudiman@gmail.com

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP