`

PERS RELEASE : HUJAN MEDALI UNTUK KONTINGEN INDONESIA PADA 7TH INTERNATIONAL EARTH SCIENCE OLYMPIAD 2013 DI INDIA

>> Selasa, 08 Oktober 2013

Pada tanggal 11-19 September 2013, delegasi Indonesia yang terdiri dari 5 siswa dan didampingi beberapa pembina mengikuti 7th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan di Mysore, India. IESO tahun ini diikuti oleh 27 negara.

 IESO adalah ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (sekolah menengah) untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi pengetahuan mengenai geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi (sains keplanetan). Kegiatan ini dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO) yang merupakan suatu organisasi internasional dengan anggota para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia baik untuk tingkat pra-perguruan tinggi maupun perguruan tinggi.

Siswa-siswa yang mewakili Indonesia dalam kompetisi ini adalah siswa yang dijaring melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2012 di Jakarta oleh Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Menengah, Depdikbud. Para siswa tersebut menjalani pelatihan dan seleksi melalui 4 tahap pembinaan di Yogyakarta dan Bandung selama 3 bulan di akhir tahun 2012 dan awal tahun 2013.

Kelima siswa yang mewakili Indonesia pada tahun ini adalah:
Eka Dhamayanti (SMAN Mojoagung, Jombang)
 Evan Sugiarto Afil (SMAK Petra 2, Surabaya)
 M. Ardiansyah Nugraha (SMAN 1 Bogor)
 M. Ridwan Dzikrurokhim (SMAN Sragen BBS )
Aditya Hirawan (SMAN 1 Yogyakarta)

sedangkan para pembina yang mendampingi adalah
 Dr. D. Hendra Amijaya (Teknik Geologi UGM)
 Zadrach L. Dupe, MSc (Meteorologi ITB)
Saptono B. Samodra, MSc (Teknik Geologi UGM)
 M. Irfan, MSi (Astronomi ITB)
Arfah Laidiah Razik, MA (Kemendikbud)

KiKa: Saptono B. Samodra, MSc; Evan Sugiarto Afil; M. Ridwan Dzikrurrohim; M. Ardiansyah Nugraha; Dra. Arfa L. Razik, MA; Eka Dhamayanti; Aditya Hirawan; Drs. Zadrach L. Dupe, Msc;  M. Irfan, MSi; Dr. D. Hendra Amijaya


Uji kemampuan siswa pada kompetisi ini berupa tes tertulis dan tes praktek di lapangan. Tes tertulis untuk semua bidang dilaksanakan di Kampus Infosys, Mysore sedangkan tes praktek lapangan dilakukan di beberapa tempat di sekitar kota Mysore.

  Selain itu terdapat kompetisi yang disebut ITFI (International Team Field Investigation). Dalam kompetisi ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari beberapa siswa dari berbagai negara yang kemudian harus melaksanakan tugas berupa investigasi lapangan di beberapa lokasi sesuai materi yang telah ditetapkan terutama untuk melihat beberapa permasalahan yang berhubungan dengan interaksi geosfer, atmosfer, hidrosfer dan biosfer. Dalam kompetisi ini kerjasama dan kreativitas presentasi menjadi penilaian utama untuk menentukan kelompok yang mendapatkan penghargaan tambahan. Dalam IESO ini juga dilakukan kompetisi berupa research project dengan tema Indian Monsoon, dimana para siswa diminta melakukan riset sederhana dan membuat presentasi berupa poster.

Suasana Presentasi di ajang ITFI

Peserta berdiskusi mengerjakan tugas untuk research project dan mempresentasikan hasil kerjanya berupa poster

Selain melakukan kompetisi, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari budaya setempat dengan adanya program budaya dan kunjungan ke beberapa lokasi wisata yang menjadi cagar budaya dunia seperti Mysore Palace, Shravanbelagola Temple, dll.

Pada IESO 2013 tim Indonesia meraih 2 medali perak yaitu atas nama Evan Sugiarto Afil dan M. Ridwan Dzikrurrohim dan 2 medali perunggu atas nama M. Ardiansyah Nugraha dan Eka Dhamayanti untuk kompetisi perorangan. Selain itu, untuk ITFI Indonesia mendapat penghargaan 1 medali perunggu atas nama M. Ardiansyah Nugraha dan untuk research project Indonesia mendapatkan 1 medali emas atas nama M. Ardiansyah Nugraha, 1 medali perak oleh Evan Sugiarto Afil dan 1 medali perunggu oleh M. Ridwan Dzikrurrohim.

Tim Indonesia setelah menerima medali.


Tim Pembina Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia
Koordinator

 Dr. D. Hendra Amijaya

Foto-foto lengkap IESO 2013, India dapat disimak di Facebook TOIKI

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang TOIKI.or.id

TOIKI.or.id merupakan situs resmi dari Tim Olimpiade Kebumian Indonesia yang menyediakan berita terbaru seputar Olimpiade Kebumian, materi-materi belajar Kebumian dalam KebumianZone, dan toko resmi buku-buku dan peralatan penunjang pelatihan Olimpiade Kebumian.

Kontak TOIKI

Pembina
Dr. D. Hendra Amijaya, ST, MT
d/a Teknik Geologi UGM
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 55281

lebih lanjut >>


  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com, improved bySaushine2011

Back to TOP