kak, tolong bwt artikel ttg simbol2 pd peta geologi dan cr bacanya dng… (jurus, dll).. :).. mksh –duta 

Peta geologi, makanan apa pula itu?
Jangan salah loh! Pemetaan adalah “jantungnya” ilmu geologi. Ilmu geologi tanpa pemetaan bukan bagaikan sayur tanpa garam lagi, tapi bagaikan sayur yang gak ada sayurannya!
Informasi apa yang diungkap di peta geologi? tentu saja kondisi geologi suatu wilayah, seperti jenis batuan yang ada serta struktur-struktur geologi seperti kekar dan sesar. Biasanya peta geologi juga dilengkapi dengan garis kontur yang membuat pembacanya bisa membayangkan relief wilayah tersebut kira-kira kayak apa.
Peta geologi memang unik! Kalau peta-peta biasa kan hanya memberi info tentang keadaan wilayah jika dilihat dari atas. Dengan peta geologi, kamu juga bisa menggambar apa yang ada di dalam bumi! Hebat kan?!
Ini dimungkinkan sebab peta geologi mengandung informasi strike dan dip batuan.

 Weleh, apa pula strike dan dip itu? 

Gampangnya, strike adalah kecenderungan arah suatu struktur geologi relatif terhadap Utara. Sedangkan dip memberi tahu kita seberapa besar sudut kemiringan batuan relatif terhadap bidang horizontal.. Perhatikan gambar berikut.

Photobucket

Lambang-Lambang di Peta Geologi
Strike dan Dip dilambangkan sebagai berikut:
Photobucket

strike dibaca sesuai arah yang ditunjukkan batang yang panjang, dibaca searah jarum jam.
pada gambar di atas, ada dua kemungkinan strike, yaitu 45o dan 225o. Nah, kita pakai hukum tangan kiri. strike sesuai telunjuk tangan kiri dan dip sesuai ibu jari tangan kiri. 

untuk dip, cukup melihat angka di sebelah batang yang kecil.

lambang diatas dibaca: strike N 45o E, dip 45o Oya, strike selalu berpotongan tegak lurus dengan dip.

Dalam membuat penampang melintang peta, data yang kita perlukan cukup data dip saja. Tentu kamu sudah tahu bagaimana cara membuat penampang melintang, kan? Soal semacam ini pernah keluar di OSP 2008, OSN 2008 dan OSP 2009.
Lambang-lambang lainnya:

Photobucket

Seperti yang bisa kamu lihat, batulempung biasanya dilambangkan dengan garis putus-putus, batu pasir dengan titik titik, batuan beku (granit) dengan tanda +, dan sebagainya.

8 comments on “Aku Peta.. Aku Peta… Aku Peta Geologi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *