ecko says
kak,soal essay osp 2010 yang no 4 itu gmn penjelasnnya

Anonim mengatakan…

yg essay na kak . .
susaaah buanget 🙁
yg pilgan na yg ttg angin angin .
gg ngerti samasekali kak :'(

______________________________________________________

4. Titan adalah satelit Saturnus yang mengorbit dengan lintasan berupa lingkaran dengan kecepatan orbit 5595,25 m/s dan periode orbitnya adalah 15,9 hari. Hitunglah:

a) radius orbitnya 
b) massa planet Saturnus
Ingat: gunakan rumus kecepatan dan percepatan gerak melingkar serta rumus percepatan akibat gaya gravitasi dan massa benda. Konstanta gravitasi, G-6,67 x 10-11 N m2 kg-2 (N = Newton)

(Gak punya soal OSP 2010? Download aja di soal-soal kebumian)

Mumpung kebumianzone lagi demen-demennya ngebahas soal-soal esai astro nih … yuk sekalian kita bahas soal yang masih hangat-hangat minyak telon: OSP 2010 esai no.4!


Sesuai perintah, kita kerjakan soal ini memakai rumus percepatan gerak melingkar:
Photobucket
Dengan:
as = percepatan sentripetal
v = kecepatan tangensial
r = radius
bersama dengan rumus percepatan gravitasi:
Photobucket
Dengan:
g = percepatan gravitasi
G = konstanta gravitasi
M = Massa benda (yang besar)
r = radius
dan rumus kecepatan gerak melingkar
Photobucket
a) untuk mengetahui radius orbit, cukup gunakan rumus kecepatan gerak melingkar.
Photobucket
Wow… jauh banget ya! Bandingkan dengan jarak Bumi-Bulan yang “cuma” 0,384 juta km.
b) ketika Titan melakukan gerak melingkar alias mengorbit Saturnus, percepatan sentripetal Titan harus minimal sama dengan tarikan percepatan gravitasi Saturnus (kalau nggak, Titan bakal ditelan Saturnus!). Karena itu:
Photobucket
Ga percaya? Coba aja googling berapa jarak orbit Titan dan massa Saturnus, hasilnya sama ! 😀
Silakan tanyakan apa yang belum kamu pahami di field komentar di bawah ini, terimakasih J


Categories: Uncategorized

14 Comments

Saushine · 29/01/2018 at 16:26

Ash Assist:

hahaha.. itu niatnya ngebantuin kayaknya, biar anak2 ga pusing2 cari rumus yang tepat.. rumusnya biasa aja kok, ya yang ada di pembahasan tasdi 🙂

hey, thank you very much for following this site! 😀

Saushine · 29/01/2018 at 16:26

rumus v=2xphixr/T memang asalnya dari v=s.t dengan s keliling lingkaran.

v=s/t
v=2xphixr/t
r=v.t/(2xphi)

caramu pada prinsipnya sama kok sama cara di atas, cuma agak panjang.

v=s.t
s=v.t
s=phixd
d=s/phi

2R=d
2R=s/phi
R=s/(2xphi)
R=v.t/(2xphi)

Tuh kan, sama penurunannya 😀

Ash Assists · 29/01/2018 at 16:26

Aku pake cara yang sama kaya di atas, n hasilnya alhamdulillah sama pula,, tapi apa mksudnya notifikasi ini kak??

Ingat: gunakan rumus kecepatan dan percepatan gerak melingkar serta rumus percepatan akibat gaya gravitasi dan massa benda. Konstanta gravitasi, G-6,67 x 10-11 N m2 kg-2 (N = Newton)

Pake ada katakata percepatan gerak melingkar pulaa,, aku jadi ragu soalnya mikir mungkin pake omegaomega.an yang di fisika itu…

Anonim · 29/01/2018 at 16:26

saya mau tanya. jika dalam pencarian jari-jari menggunakan cara yang demikian bagaimana?

v=s / t
s=v x t
karena orbitnya berbentuk lingkaran, maka s akan menjadi keliling lingkaran tersebut. sehingga,

s=k
s=(phi) x diameter
diameter= s x (7/22)

setelah ketemu diameter,

d=2R
R= 0.5 x d

bagaimana???

Saushine · 29/01/2018 at 16:27

kita lihat saja 😀

Anonim · 29/01/2018 at 16:27

faktor x gmn kak?
bukannya anak yang lolos ke nasional kan emang bener bener pinter, bukan karena ke beruntungan doang kan ka? 😛

Saushine · 29/01/2018 at 16:27

masih banyak faktor x… tenang ajaa

Irsyad OSP Padang · 29/01/2018 at 16:27

HWWAAA!!!!!!!! spertinya syad harus melepas impian ke OSN!! ;-(

Saushine · 29/01/2018 at 16:27

itu satuannya diubah jadi m jadi ditambah 1000 🙂

Anonim · 29/01/2018 at 16:27

kalo jawaban soal no 3 gmn ya???
thanks…

eh iya…td r kan = 1,222 juta km
koq pas dimasukkan ke rumus mencari m koq r jd 1,223 x 10^9
kalo juta kan seharusnya 1,223 x 10^6????

TOIKI · 29/01/2018 at 16:27

@ Kyuna Katniss: Per November 2014 web ini sudah berada di bawah asuhan Ikatan Alumni TOIKI. Kak Saushine sendiri sudah lulus kuliah dan bekerja di salah satu perusahaan ternama 🙂 Adapun pertanyaan2 terkait TOIKi atau ilmu kebumian bisa dikontak lewat email kami kebumianzone@gmail.com yaaa…

Salam,
Div. MedInfo TOIKI

kyuna katniss · 29/01/2018 at 16:27

hai… aku masih newbie disini, sebenrnya kak Saushine itu cewek apa cowok? punya kontak gak ka? seperti line? atau bbm? atau email? thx ka 😀

Anonim · 29/01/2018 at 16:27

Ka', untuk yang R pertama satuannya bukannya meter yah ?
Kalo km nanti jadi 1223 x 10^9 dong.
Terimakasih

dilfadhilarifin · 29/01/2018 at 16:27

rumus Gerak rotasi ama turunannya dan minta contoh soal tentang gerak rotasi yang harus cari daya momentum dan energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: