jangan lewatkan liputan ekslusif KebumianZone pada event IESO 2010 ini!!!!

Baca Part I



Day 5 (23 Sept) : Scientific Excursion


Kemungkinan besar acara hari ini melanjutkan acara jalan-jalan di tanggal 21. Enak juga ya, ikut IESO, jalan-jalan terus! XD


Day 6 (24 Sept) : School visit, Cultural Program


And again, para peserta dari 19 negara diajak muter-muter Jogja lagi. Tapi kali ini, justru SMA-SMA top di Jogjakarta yang bakal kedatangan tamu  77 siswa dan 33 mentor IESO. SMA-SMA yang “beruntung” itu antara lain: SMAN 3, SMAN 6, SMAN 8, SMAN 1 Depok, dan SMK 2 Depok, Sleman. Diharapkan, terjalin persahabatan gitu deh antara peserta IESO dengan siswa-siswi Indonesia… sekaligus biar orang-orang luar negeri pada tahu proses pendidikan di Indonesia kayak gimana. Oh iya, hari ini pun para IESO-ers juga diajak menuntas daftar kunjungan budaya yang udah dijelaskan di day 3. Asiknyaaaa…


Day 7 (25 Sept) : Field Test, Presentation Preparation


Ini nih bagian paling seru dari IESO! Yaitu… International Field Trip Investigation alias ITFI!  Yap, pada hari ketujuh akan diadakan tes lagi, namun tes kali ini nggak dimasukkan dalam penentuan medali. Tesnya pun dikerjakan oleh tim internasional, yaitu tim yang terdiri atas 4 orang atau lebih peserta IESO dari negara-negara yang berbeda. Bersama-sama, mereka harus menyelesaikan satu kasus kebumian. Kali ini tempat tes ITFI berlokasi di Goa Bribin, membahas bidang hidrologi sungai bawah tanah. Ada beberapa set soal yang harus diselesaikan oleh tim.


Day 8 (26 Sept) : Studium General, Presentation, International Jury Meeting


Setelah kemarin seru-seruan bareng teman-teman dari luar negeri, time for show! Hasil field trip kemarin plus hasil diskusi tim atas soal-soal yang diberikan harus dipresentasikan di depan seluruh peserta IESO yang lain dan dewan juri ITFI. Setelah presentasi, tim akan dicecar oleh pertanyaan-pertanyaan (dalam bahasa Inggris dong) oleh baik dewan juri maupun pemirsa. Tim terbaik bakal dapat penghargaan dong!


Day 9 (27 Sept) : Closing Ceremony, Farewell Party


Hari terakhir IESO! 110 Jantung deg degan bareng nih nunggu hasil pengumuman medali pada acara Closing Ceremony! Akan diumumkan juga penghargaan-penghargaan khusus, seperti penghargaan untuk peserta terfavorit, tim ITFI terbaik, dsb. Haduh… semoga tim Indonesia sukses menggondol emas, ya!
Closing ceremony bukan acara terakhir IESO loh. Masih ada Farewell Party pada malam harinya. Tiap negara unjuk gigi menampilkan atraksi khas masing-masing (tim Indonesia nampilin apa ya? Rahasia dong :p gak seru kalo dibeberin sekarang! hehehe) Peserta pun biasanya ngasih cinderamata buat peserta lain… kadang-kadang juga ada cinderamata yang diberikan khusus buat peserta yang dianggap spesial (cieeeeeeeh). Sedih banget, kebersamaan selama seminggu harus berakhir… tapi kan ada Facebook, Twitter, dan Plurk! Tetap bisa dong berhubungan dengan teman-teman sedunia yang ditemui di IESO J.

Begitulah kira-kira acara yang akan digelar pada IESO 2010 di Jogja ini. Mau tahu lebih dalam hari per hari? Makanya, tongkrongin terus KebumianZone! jangan lewatkan liputan ekslusif KebumianZone pada event IESO 2010 ini!!!!

2 comments on “IESO 2010 di Yogyakarta, Ngapain aja sih? –Part 2

  • @anonim : minta sama kak Ardhy Ramadhan, kak Fajar F Amanda, Kak Mikaela Ega Gita Prasastia, Kak Liamsi Kamil, kak Asri Oktavioni, kak Mi Key, kak Punia Raharja, kak Rio Nugroho lewat akun FB mereka coba..

  • bagi fb atau email anak anak ieso yg dari luar dong . aku dari sma 1 depok . kemarin sempet ngobrol sama anak anaknya tapi gak kepikiran minta email -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *