OSN Manado 2011 ditutup dengan acara pengumuman peraih medali untuk 8 bidang OSN tingkat SMA bertempat di Hall Hotel Grand Kawanua, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (15/9) malam. Bidang Kebumian memperebutkan 30 medali yang terdiri atas 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Selain itu, diberikan penghargaan khusus berupa Best Geology, Best Astronomy, dan Best Meteo-Hidrologi, untuk siswa-siswi yang memperoleh nilai terbaik di bidang geologi, astronomi, dan meteo-hidrologi.

Akhirnya, terpilihlah Bintang Rahmat Wananda (SMAN 8 Jakarta) sebagai peraih emas pertama beserta Best Meteo-Hidrologi, Ahmad Faizal Amin (SMAN 2 Kediri) sebagai peraih emas kedua sekaligus Best Geology, serta Ratika Benita Nareswari (SMA Dwi Warna) sebagai emas ketiga dan Best Astronomy. Medali emas juga diraih oleh M. Chandra (SMAN 48 Jakarta) dan Putri Rafika Dewi (SMAN 1 Pati).

Bintang Rahmat Wananda (DKI Jakarta) emas no.1 dan Best Meteo-Hidro

 Ahmad Faizal Amin (Jawa Timur) meraih Emas dan Best Geology

suasana acara OSN 2011 Manado

Perolehan medali kebumian didominasi oleh peserta-peserta dari pulau Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan DKI, dan juga luar Jawa yang sering meraih medali kebumian seperti Gorontalo dan Riau. Namun tahun ini Provinsi Jambi berhasil menembuskan perwakilannya atas nama Hendragguna Wijaya (SMA Titian Teras Jambi) yang berhasil meraih perunggu.

Ke-30 peraih medali beserta beberapa peserta non-medali dengan nilai tinggi akan dipanggil ke Pelatihan Nasional (Pelatnas) Tahap 1 yang rencananya seperti biasa akan dilakukan selama 1 bulan di Yogyakarta dengan bimbingan Teknik Geologi UGM, pada akhir tahun ini, sebagai persiapan dan seleksi untuk IESO 2011 di Argentina.

Hasil lengkap pemenang OSN dapat diunduh di www.siswapsma.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *